Passion Membuat Hidup Lebih Hidup

mimar sinan
Mimar Sinan, arsitek Masjid Sulaimaniye. Ilustrasi dari: modilatrust.co.za

Bangunan-bangunan dengan arsitektur klasik, seperti di Turki dan juga di Spanyol pada masa pemerintahan Islam menarik hati saya. Sebut saja Hagia Sophia, Masjid Sulaimaniye di Turki, dan juga Masjid Kordoba di Spanyol adalah sederet bangunan yang menginspirasi. Bangunan-bangunan seperti itu membuat saya memilih jurusan teknik gambar bangunan ketika STM. Kala itu, menjadi arsitek adalah cita-cita saya.

Selain bangunan-banguan tempo dulu, bangunan-bangunan bergaya minimalis modern yang identik dengan bentuk kotak. Dengan landscape taman yangย  juga minimalis, menjadi salah satu alasan saya masuk jurusan itu. Ketika teman-teman lain masuk di jurusan tersebut karena terpaksa, saya pribadi tidak merasa dipaksa siapa-siapa, oleh NEM rendah sekalipun. Karena saya memiliki keinginan untuk menjadi arsitek, yang berharap nantinya dikenang sebagai “si perancang bangunan bersejarah.”

Karena tidak melanjutkan kuliah, saya kemudian bekerja. Di tempat kerja itu saya belajar bagaimana menggambar bangunan-bangunan rumah tipe 45, atau tipe banguan satu lantai lainnya. Pekerjaan itu saya geluti selama satu tahun, kemudian karena ada ketidakcocokan dengan perusahaan, saya memutuskan untuk keluar.

Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata menjadi orang yang mampu merancang bangunan penting dan bersejarah itu tidak mudah. Harus menempuh jenjang pendidikan tinggi dan pengalaman yang mumpuni.

Sekarang saya move on ke menulis. Mungkin inilah salah satu passion yang mampu menggantikan minat saya menjadi arsitek, yang kata orang passion itu membuat kita hidup lebih hidup. Menulis selalau menawarkan tantangan hari demi hari. Tanpa itu mungkin saya akan bingung mengisi waktu luang dengan apa.

Pada akhirnya passio dan keyakinan kitalah yang membuat kehidupan ini lebih bermakna. Aktifitas yang dilakukan karena kecintaan kita pada sesuatu itu dapat meningkatkan semangat dalam menjalani kehidupan ini. Ia bukanlah uang yang katanya mampu membeli segalanya, termasuk kebahagiaan. Karena seorang Muslim bukan orang yang diperbudak uang, karena ia hanya meletakkan uang di tangannya bukan di hatinya.

Advertisements

20 thoughts on “Passion Membuat Hidup Lebih Hidup

    1. Bisa juga, tapi ilmu menggambar yang saya peroleh di STM maupun di tempat kerja sudah lama tidak dipraktekan, sudah banyak yg lupa. Sehingga harus belajar lagi untuk memantik ilmu itu datang kembali. Haduh

  1. Banyak masyarakat urban saat ini yang udah melupakan passion, padahal sebenernya passion bisa membuat hidup lebih bermakna, kayak yang lo bilang di atas. Saat ini bisa dibilang menulis juga jadi passion gua, meski masih level pemula, tapi at least bisa menjauhkan sejenak dari tekanan rutinitas pekerjaan kantor.

    Btw, siapa tahu ilmu menggambar lo kalo ditekuni bisa ngebangkitin passion lagi dan jadi sumber rezeki?

    1. Banyak bray yang bilang sejenis itu, kalau ilmu menggambar itu dapat menjadi sumber rezeki. Tapi saya sudah meninggalkan cukup lama. Dan sekarang lebih tertarik untuk menulis, meski masih pemula juga.

      Btw, thanks sudah berkunjung.

  2. Wah, salut dengan tekadnya. Saya termasuk passionate juga, tapi kayaknya malu deh pas baca ini. Saya masih suka gelut sama egostrength, musuh diri sendiri: rasa malas, takut, nggak pede, dll. Semoga konsisten, berkah, dan Allah mudahkan ya Mas! ๐Ÿ™‚

    1. Aamiin, terima kasih doanya Mbak. Aduh, saya jg sering bergelut dengan diri sendiri. Pada akhirnya hanya sekedar nulis di computer, dan malu untuk mempublish di blog ini. Hehehe.

        1. Aamiin… Semoga tulisan Mbak Sekar juga berkah, dan bermanfaat.

          sekarang ini lebih sering baca tulisan-tulisan dari para penulis/blogger yang menurut saya bagus. Sebagai variasi gaya bahasa serta referensi menulis biar kualitas menulis berkembang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s