3 Toko Buku Unik di Eropa

Jika berbicara tentang toko buku keren, saya akan membayangkannya, toko buku ini berada di deretan pertokoan. Berada di pusat kota besar, dekat dengan kampus atau sekolahan. Toko tersebut tidak besar, hanya sebuah ruko dengan luas, 5 meter x 8 meter. Tampak muka dari toko itu didominasi oleh kaca dan kayu, dengan buku-buku baru terpajang di balik kaca. Pintu masuknya menggunakan kaca, atau mungkin lebih indah jika berbahan kayu yang diplitur dengan warna coklat tua.

Di depan toko dihiasi dengan beberapa tanaman dalam pot di kanan dan kirinya. Terdapat papan berdiri yang bertuliskan nama toko dan daftar buku yang best seller di bulan itu. Disamping nama toko telah terpajang menempel di bagian depan atas bangunan dengan ukuran yang bisa dibaca dari jarak 20 meter.

Itulah gambaran sekilas tentang toko buku unik dan keren versi saya. Sebenarnya dalam posting kali ini saya akan membagikan beberapa ulasan toko buku unik yang terdapat di berbagai negara terutama yang berada di benua Eropa. Terdapat 3 toko buku unik bin antik yang akan saya tampilkan. Dengan desain minimalis, menjadi satu paket keunikan tersendiri dari toko-toko buku ini.

Berikut ini 3 toko buku unik di Eropa:

1. Ross Old Book and Print Shop

toko buku keren
Ross Old Book Shop, Ross on Wye. Via: http://bookmania.me

Rose Old Book berada di Negara Inggris. Lebih jelasnya tentang toko buku ini, saya akan sertakan penjelasannya dari website Ross-on-Wye.

“Ross Old Books is a traditional second-hand and antiquarian bookshop run by Chris and Carol Lowndes offering something for everyone. The general stock is enhanced by a large collection of books on art, antiques and collecting and a good range of Folio Society editions. The ephemera cabinet is always worth a browse plus they also sell old postcards of the area.

2. Much More Books Ltd

toko buku unik
Much More Books via: http://www.yell.com

Masih di wilayah Inggris, Much More Books Ltd beralamat di 6A High St, Much Wenlock, Shropshire TF13 6AA, UK. Berikut ini adalah informasi tentang toko buku ini,

“Much More Books Ltd is a family business that has been trading for over 10 years selling out of print, second-hand and rare books and more recently music.”

3. Shakespeare and Company

toko buku Shakespeare and Company
Shakespeare and Company via: https://vanityvintageallure.wordpress.com

Setelah kedua toko buku sebelumnya berada di Inggris, toko buku unik yang terakhir adalah Shakespeare & Company yang terletak di negara Perancis. Toko buku ini memiliki sejarah yang panjang, berawal dari Sylvia Beach yang mendirikannya pada tahun 1922 di daerah Rue de l’Odeon. Pada awal tahun berdirinya, Shakespeare & Company sempat dijadikan tempat berkumpul para penulis terkenal seperti Ernest Hemingway, Ezra Pound, James Joyce, dan lain-lain. Namun semenjak perang dunia kedua, toko ini tutup dan tidak pernah dibuka kembali.

Setelah perang dunia kedua berakhir, seorang laki-laki asal negeri Paman Sam bernama George Whitman—yang awalnya datang ke Perancis sebagai petugas medis—memutuskan mendedikasikan hidupnya pada bidang sastra. Ia membuka toko buku pada tahun 1951 dengan nama “Le Mistral” yang terletak di Rue la Bucherie, yang berdekatan dengan Kilometer Zero kota Paris dan berhadapan dengan katedral Notre Dame. Akhirnya untuk menghormati Sylvia Beach pemilik toko Shakespeare & Company terdahulu, ia mengganti nama tokonya menjadi “Shakespeare and Company.”

***

Keren ya? Jadi pengen punya toko buku dengan desain bangunan vintage seperti toko-toko buku di atas. 🙂

Advertisements

2 thoughts on “3 Toko Buku Unik di Eropa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s