Tags

, , , , , ,

jazirah Islam

Image dari: plus.google.com

Banyak suasana yang membuat rindu saat tidak berada di bulan Ramadhan. Entah itu pada suasana kemeriahan kegiatan baik di kampung-kampung atau di kota-kota, pinggir-pinggir jalan yang dibuat menjadi pasar dadakan yang menjual aneka macam makanan untuk berbuka puasa dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu juga ada iklan spesial untuk bulan Ramadhan, seperti yang kita tahu bersama diantaranya ada sirup marjan dan promag. Kemarin saya juga melihat iklan yang disesuaikan dengan bulan Ramadhan, seperti iklan kopi, tokopedia, mie instan, (sarimie dan indomie) dan masih banyak lagi iklan lainnya.

Namun kali ini saya tidak akan mengulas berbagai iklan tersebut. Seperti pada judul di atas, saya akan mengulas acara spesial di bulan Ramadhan, yakni Jazirah Islam. Acara ini hanya tayang di bulan Ramadhan, dan termasuk acara favorit saya di bulan yang penuh berkah ini.

Jazirah Islam tayang di Trans 7. Adalah tayangan spesial di bulan Ramadhan. Tentang acara ini, di akun twitter Jazirah Islam dijelaskan, “Mencecap minoritas muslim di negara non muslim. Tayang Senin – Jumat pukul 05.15 – 05.45 WIB” Ya. keunikan dari acara ini adalah memperlihatkan kepada kita sedikit kehidupan saudara Muslim yang tinggal di negeri yang Muslimnya minoritas. Juga mendengar cerita dari orang yang tinggal di negara tersebut. Bagaimana kehidupa kaum Muslim di sana, wilayah-wilayah tempat tinggal komunitas Muslim di suatu negara, dan kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan, semua diulas dalam acara ini.

Sebut saja Skotlandia, Britaniya Raya, Islandia, Jepang, dan Skandinavia pernah dikunjungi tim Jazirah Islam. Yang terbaru di Ramadhan hari pertama di tahun 1436 H bertepatan pada tahun 2015 M  ini adalah “Rona Islam di Langit Amerika” Menampilkan cerita dari Nicole Queen, seorang Muslimah yang tinggal di Texas. Mantan fotografer dunia malam ini, berkisah tentang kehidupan di masa lalu yang akrab dengan keliaran malam. Ia merasakan kehidupan yang bebas, populer, dan bergelimang uang tidak menjamin kebahagiaan.

Untuk yang tidak sempat menonton langsung di TV acara Jazirah Islam, teman-teman bisa melihatnya di Youtube. Salah satunya bisa ditonton disini. Pada episode “Cahaya Islam di Britania Raya.” Atau bisa nonton langsung di bawah ini.

Acara ini dapat membuat kita yang tinggal di Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, untuk introspeksi diri. Bertanya pada diri, bagaimana keislaman kita? Apakah kita yang tinggal di negara yang suasana Islam cukup kental, masih bermalas-malasan untuk beribadah? Masa’ kalah semangat beribadahnya dengan saudara seaqidah yang tinggal di negara non muslim?

Selain itu acara ini memperlihatkan pada kita bahwa dibalik Islamphobia yang menjangkit negeri-negeri barat, justru geliat Islam di negeri-negeri tersebut sedang berkembang. Meskipun tidak terlihat oleh kita yang tinggal jauh dari negara-negara barat tapi pasti Islam akan tersebar ke seluruh penjur dunia atas izin Allah SWT. Begitu juga dengan Khilafah ‘Ala Minhajin Nubuwwah yang akan tegak kembali untuk mendakwahkan Islam ke seluruh penjuru dunia.

Demikian sedikit ulasan acara tv Jazirah Islam yang tayang di Trans 7 tersebut. Jazirah Islam adalah acara favorit saya di bulan Ramadhan. Bagaimana dengan teman-teman, apa acara favorit kalian di bulan Ramadhan?

Advertisements