Tags

, , , , ,

Banyak manfaat dari blogwalking. Dengan blogwalking seorang blogger dapat menemukan ide menulis. Selain itu, dengan blogwalking, saya bisa mendapatkan ilmu baru terkait dengan dunia blogger ataupun diluar hal itu.

Ceritanya saat mencari bahan untuk tulisan saya, tentang teknik pomodoro. Saya mendapati blog yang sudah lama ditelantarkan pemiliknya. Pada waktu itu, kebetulan tulisan terakhir terbit pada Juli 2013. Dari blog tersebut saya menemukan artikel tentang teknik pomodoro. Setelah selesai membaca tulisan tentang teknik pomodoro saya penasaran dengan isi tulisannya yang lain. Saya mengeklik halaman depan, kemudian saya scroll ke bawah. Tidak sia-sia, saya menemukan teknik lain yang masih berkaitan dengan manajemen waktu dan kedisiplinan.

Di blog tersebut saya menemukan tulisan yang diberi judul, “Membangun Kebiasaan Lewat Kalender.” Dalam paragraf pertama, penulis menulis tentang membangun kebiasaan baru. Penulis memberikan contoh kebiasaan yang dilakukan oleh Jerry Seinfeld yang biasa menulis bahan lawakan setiap hari. Setiap selesai menulis, dirinya selalu menandai kalendernya. Sehingga setelah ia rutin menulis setiap hari, kalender tersebut akan terbentuk pola seperti rantai. Itulah cara membuat kebiasaan baru dengan mengulang setipa hari, minimal 21 hari.

Selanjutnya penulis memberikan contoh penerapan teknik ini dalam kehidupan sehari-hari. Yakni dengan membuat tabel habit list. Di dalam habit list ini bisa ditulis kegiatan atau aktifitas yang akan dilakukan selama sebulan kedepan. Seperti membiasakan sholat tahajud, sholat dhuha, membaca Al-Qur’an, tidur tepat waktu, bangun pagi tepat waktu dll. Jika dikerjakan maka diberi tanda centang atau silang. Jika tidak dikerjakan, kosongi saja.

Di bawah ini contoh tabel habit list dari Productivity501. Untuk lebih jelasnya bisa kunjungi website tersebut.

habit list

Contoh Habit List dari Productivity501

Pikir saya, teknik ini pas buat saya. Karena saya sering tidak disiplin dalam beberapa hal. Maka saya mencoba membuat habit list dengan Microsoft Excel. Saya isi dengan beberapa list yang terkait dengan hobi dan aktifitas untuk melatih keterampilan diri. Contohnya bisa dilihat di bawah ini.

habit list

Contoh Habit List dari Microsoft Excel

Teknik ini sempat saya praktekan beberapa hari. Dan terbukti bisa membuat saya disiplin.

