Khilafah Utsmaniyah dan Dua Pengetuk Pintu Rumah

Islam adalah subyek untuk menghukumi suatu perbuatan bukan perbuatan yang dicarikan hukumnya dalam Islam. Salah dalam memahami atau sengaja meggunakan Islam untuk membenarkan suatu perbuatan tanpa merujuk pada tafsir yang benar, maka tatanan kehidupan akan rusak.

hagia sophia
Image from: hakimwong.wordpress.com

Khilafah adalah ijma’ Sahabat untuk melanjutkan pemerintahan Islam yang sebelumnya telah dicontohkan Rasul Saw. Khilafah merupakan sistim kehidupan dengan Islam sebagai aturannya. Khalifah pertama adalah Abu Bakar. Dilanjutkan oleh Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib kemudia beberapa bulan dilanjutkan oleh Hasan bin Ali, setelah itu jabatan Khalifah diserahkan pada Muawiyah bin Abu Sufyan.

Banyak yang bisa kita teladani di masa Kekhilafahan. Bahkan setela jauh dari masa Khulafaur Rasyidin. Salah satunya pada masa Kekhilafahan Utsmaniyah. Saat itu setiap pintu rumah, memiliki dua pengetuk pintu. Kecil dan besar. Pengetuk pintu kecil diperuntukan tamu perempuna. Sedangkan pengetuk pintu besar untuk tamu laki-laki.

Bukan tanpa alasan terdapat dua pengetuk pintu: kecil dan besar. Jika yang diketuk adalah pengetuk pintu kecil maka yang akan membukakan pintu adalah istri pemilik rumah. Sedangkan jika yang diketuk adalah pengetuk pintu besar maka  yang akan membukakan adalah sang suami.

Selain itu, setiap ada penghuni rumah sedang sakit. Di depan rumahnya diletakan bunga mawar merah agar orang-orang yang lewat tidak berbuat gaduh. Agar orang yang sakit tidak terganggu dengan kebisingan, kegaduhan yang ditimbulkan oleh orang-orang yang berlalu-lalang di depan rumah itu. Keren ya?

Kita bisa melihat, jika Islam sebagai subyek untuk menghukumi sebuah perbuatan, yang terjadi setiap perbuatan akan disesuaikan dengan aturan Islam. Bukan malah Islam  yang dijadikan alat untuk membenarkan suatu perbuatan.

Referensi: islampos.com, id.wikipedia.org

Advertisements

2 thoughts on “Khilafah Utsmaniyah dan Dua Pengetuk Pintu Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s