Tags

, , , , , ,

Setiap blogger memiliki cara sendiri-sendiri untuk mempopulerkan tulisan yang baru saja ditulisnya, begitu juga dengan saya. Hal ini sangat perlu, terutama untuk blogger yang tujuan ngeblognya untuk berbagi manfaat dengan orang lain.

Saya sering mengoptimalkan postingan blog ke berbagai social media, seperti facebook dan twitter. Nah itu baru salah satu cara agar tulisan saya banyak yang mengunjungi. Selain itu, saya sering melakukan cara lain atau saya menyebutnya “ritual” yang saya lakukan setelah update blog. Cara ini mungkin belum banyak blogger yang mempraktekannya, entah mereka tidak mau repot-repot melakukannya atau karena belum mengetahuinya. Hemm… Entahlah!

“Ritual” yang saya maksud bukanlah sesuatu yang berkaitan dengan hal-hal mistis yang sering kita temui dalam film horor. Tapi ini lebih pada pemiliah kata untuk menggambarkan kebiasaan yang saya lakukan setelah posting blog untuk menarik pengunjung. Dan karena saya sering melakukannya, maka menurut saya kata “ritual” adalah kata yang pas untuk menjelaskan maksud saya. Selain itu, efek dari membuat judul yang kontroversial atau nyleneh merupakan cara lain untuk menarik pembaca mengunjungi blog kita. Dan itu merupakan salah satu tips membuat judul artikel blog yang menarik pengunjung. Saya bisa saja membuat judul “Kebiasaan yang Saya Lakukan Setelah Update Blog.” Namun menurut saya kurang menarik untuk dijadikan sebagai judul tulisan saya kali ini, ketimbang judul diatas.

Seperti pada tulisan saya sebelumnya, yang mungkin termasuk judul yang membuat orang lain penasaran, Bukan Sekedar Mempersiapkan Pemadamam Listrik 2 Minggu.

Oke, tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara saya mengoptimalkan artikel setelah saya mempostingnya.

1. Submite ke Google Submite

Image Google SubmiteGoogle Submite

Cara ini adalah salah satu cara yang efektif untuk mempopulerkan tulisan kita sehabis posting. Pada cara ini, kitalah yang lebih aktif mencari perhatian ke mesin pencari Google. Ibarat bermain sepak bola, kita yang menghampiri bola bukan menunggu bola.

Google submite ini bisa kita gunakan jika kita memiliki akun google.com. Kita bisa mengguankannya disini.

2. Ping Url ke Situs Ping

Pingomatic ImagePingomatic

Menurut tulisan yang saya baca dari blog yang membahas tentang SEO (Search Engine Optimization.) Ping adalah salah satu cara ampuh untuk mendapatkan backlink untuk blog kita.

Situs ping yang saya gunaka sebelumnya adalah Pingler, tapi beberapa bulan ini saya ganti menggunakan situ Pingomatic. Bisa pilih salah satu atau gunakan keduanya. Untuk pengaruhnya ke backlink saya kurang tahu, apakah lebih baik menggunakan 2 situs ping atau satu situs ping saja?

3. Bagikan ke Social Media

Gambar Facebook dan TwitterFacebook & Twitter

Seperti yang sudah saya singgung di pembukanan tulisan ini, dengan membagikan tulisan kita di sosial media, tulisan kita menjadi lebih berpeluang untuk dibaca orang lain. Dan hal ini merupakan bagian dari “ritual” yang saya lakukan untuk meningkatkan pengunjung blog. Karena tanpa ada orang yang membaca, apalah arti tulisan kita yang ditujukan untuk berbagi manfaat. ๐Ÿ™‚

Oke cukup sekian tulisan saya seputar blogging kali ini, mohon maaf jika tulisannya susah dipahami. Semoga ada ilmu baru yang diperoleh, Guys. Selamat mencoba!

