Tags

, , , , , ,

Ketika kita mengunjungi sebuah website, salah satu sebab yang membuat kita mau membaca sampai rampung adalah jenis font yang digunakan. Seringkali font yang terlalu kecil atau yang terlalu tebal, membuat kita mengurungkan niat untuk membacanya. Hal itu berdampak pada informasi yang seharusnya bisa didapatkan dari sebuah website/blog tidak tersempaikan karena kesalahan pengelola situs dalam memilih font.

Tapi ada juga saat mengunjungi sebuah website,  kita merasa nyaman dengan font yang digunakan. Kita pasti akan melanjutkan membacanya, apalagi ketika artikel yang ada dalam website/blog tersebut sesuai dengan minat atau menjawab apa yang sedang kita butuhkan. Cocok! Pasti kita akan berlama-lama di website tersebut untuk membaca tulisan yang lain.

Bermula ketika teman satu kantor sedang mengatur font pada blognya, dia bertanya cara mengetahui font pada sebuah website. Tanpa pikir panjang, saya iseng-iseng mencoba mencari solusi dengan cara yang biasa saya digunakan untuk mengetahui ukuran sebuah banner atau gambar pada blog. Dari cara itu, saya mencoba mempraktekannya, apakah bisa digunakan untuk mengetahui jenis font pada sebuah website atau tidak. Dan ternyata bisa, maka saya langsung memberitahukan pada teman saya tersebut.

Agar cara ini juga bermanfaat untuk teman-teman yang membutuhkan, maka saya akan berbagi tips bagaimana cara mengetahui font pada website tanpa tools sama sekali. Cara ini bisa dilakukan dalam waktu 10 detik, bahkan bisa kurang dari itu. Berikut ini caranya:

1. Block atau tebalkan kalimat yang ingin teman-taman ketahui jenis fontnya.

Menebalkan Font

Klik untuk memperbesar gambar!

 


 

2. Setelah menebalkan font, selanjutnya klik kanan, pilih “Inspect Element,” seperti yang terdapat pada gambar.

Gambar 2

Klik untuk memperbesar gambar!

 


 

3. Setelah mengklik “Inspect Element.” Selanjutnya akan muncul tampilan baru, klik “Fonts” yang berada di sebelah kanan. Maka akan muncul jenis font yang digunakan. Jenis fontnya adalah yang saya tandai dengan persegi panjang berwarna merah pada gambar di bawah ini!

Mengetahui Fonts

Klik untuk memperbesar gambar!

 


 

Demikian tips singkat mencari jenis font dalam sebuah website yang dapat langsung teman-teman praktekan. Cara ini bisa digunakan untuk mengganti font pada blog teman-teman agar sama dengan font website yang diinginkan. Dengan catatan platform blog teman-teman memiliki fasilitas untuk mengganti font. 🙂

Nb: Cara ini hanya bisa digunakan pada browser Mozilla Firefox.

Advertisements