Tags

, , , , , , ,

teknik pomodoroImage from: pomodorotechnique.com

Pekerjaan saya sangat tergantung dengan komputer dan internet, sehingga di kantor internet selalu aktif saat bekerja. Dengan adanya koneksi internet ini, saya sering memanfaatkan internet di tempat kerja untuk bersosial media, browsing dan juga mengunjungi forum di internet. Sebut saja, facebook, wordpress, dan twitter merupakan situs-situs yang sering saya buka saat sedang bekerja. Tidak jarang hal ini membuat konsentrasi saya dalam bekerja terpecah. Saya menjadi sering membuka facebook, disaat saya sedang mengerjakan sebuah pekerjaan, pada saat notifikasi facebook muncul.

Namun tanpa hiburan, pekerjaan terasa membosankan. Kebosanan dalam bekerja merupakan hal wajar yang dialami setiap manusia, karena karyawan juga manusia. Tetapi jika hal ini dibiarkan dan tidak ada solusi untuk mengatasinya, maka sedikit banyak ketergantungan akan social media akan mengganggu konsentrasi kita saat bekerja. Maka dari itu, dibutuhkan solusi untuk mengatasi hal ini. Beberapa hari kemarin, secara tidak sengaja, saya membaca teknik Pomodoro. Teknik ini membuat saya fokus dalam bekerja.

Apa itu teknik Pomodoro?

Pomodoro merupakan bahasa Itali dari tomat. Sebenarnya teknik Pomodoro adalah teknik lawas yang intinya memfokuskan pikiran dengan timer. Teknik Pomodoroย  ditemukan oleh Francesco Cirillo di tahun 1980-an. Mengapa menggunakan nama tomat/pomodoro? Karena pada saat itu, Mr.Cirillo menggunakan kitchen timer berbentuk tomat saat mengembangkan teknik Pomodoro.

Teknik ini sebenarnya cukup simple, karena yang kita butuhkan hanyalah timer. Jika tidak mempunyai timerย  berbentuk tomat, kita bisa memanfaatkan timer di hp. Berikut ini caranya:

  1. Sebelum bekerja, siapkan tugas yang akan dikerjakan hari ini.
  2. Atur alarm 25 menit, digunakan untuk mengerjakan tugas sesuai dengan daftar yang sudah ditulis. (Tidak boleh lebih, karena diyakini pikiran akan ngelantur jika lebih dari 25 menit.)
  3. Setting lagi 5-10 menit, untuk istirahat pendek. (Bisa digunakan untuk browsing, facebook, ngobrol dll.)
  4. Setiap 4 kali periode waktu kerja, ambil istirahat panjang 15-30 menit.

Teknik Pomodoro sangat tepat digunakan untuk karyawan maupun freelance. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, teknik ini cukup ampuh memfokuskan pikiran. Ketikaย  akan membuka facebook, saya teringat bahwa saya sedang bekerja; ketika waktunya istirahat, saya tidak terpengaruh dengan pekerjaan yang belum selesai. Karena sudah ada waktu masing-masing; waktu bekerja dan istirahat. Dan menurut beberapa orang yang sudah mempraktekan teknik ini, pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Termasuk saya sendiri sudah merasakan hasilnya.

Selamat mencoba. Jika sudah terbukti bermanfaat, silahkan share pengalamannya di sini!

Sumber: pomodorotechnique.com, idgeekgirls.com, urek2.blogspot.com, revorma.com

