Quotes About Menulis

Sebagai penulis pemula,  saya sering merasa bingung dengan apa yang ingin saya tulis. Terkadang tidak ada ide sama sekali, tapi ingin sekali menulis. Di waktu lain, memiliki banyak ide tapi bingung memilih ide yang mana yang akan ditulis. Pada waktu-waktu tersebut, yang saya butuhkan bukan kemahiran dalam menulis, tapi motivasi menulis. Meskipun “sihir” motivasi  itu hanya hinggap beberapa jam atau menit mempengaruhi diri saya, tapi cukup ampuh untuk mendorong saya menulis.

quotes menulis

Motivasi menulis datang dari siapapun, salah satunya datang dari quotes orang-orang terkenal atau dari penulis idola kita. Berikut ini saya kumpulkan quotes pilihan saya, quotes tentang menulis:

“Ikatlah ilmu dengan menulis.” ― Ali Bin Abi Thalib ra

“Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis.” ― Imam Al-Ghazali

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah (Rumah Kaca, h. 352)” ― Pramoedya Ananta Toer

“Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.” ― Seno Gumira Ajidarma, Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara

“Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri.” ― J.K. Rowling

“Untuk menjadi penulis, yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras untuk menulis dan kemudian mempraktekkannya, orang yang hanya mempunyai kemauan untuk menulis namun tidak pernah melakukannya maka ia sama saja dengan bermimpi untuk memiliki mobil, tanpa ada usaha dan kerja keras untuk memilikinya.” ― Stephen King

“Menulis buku itu sama saja omong kosong kalau tujuannya agar terkenal, atau agar sombong karena sudah menulis buku, sama saja dengan omong kosong kalau yang dicari hanyalah uang. Menulis kemudian mempublikasikannya secara massal, harus dengan sebuah idealisme. Bahwa tulisan itu membawa banyak perubahan bagi hidup orang lain. Harus ada kebaikan di dalamnya. Bukan hanya sekedar menjual kertas, tinta, dan lem, kemudian merasa bangga hanya karenanya.” ― Nadia Aghnia Fadhillah

“Ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarang tak mati. Ia baru saja memperpanjang umurnya lagi.” ― Helvy Tiana Rosa

*****

Semoga bermanfaat, untuk siapa saja yang sekarang ini sedang membutuhkan motivasi menulis. [Dikumpulkan dari berbagai sumber]

15 thoughts on “Quotes About Menulis

  1. Quote dari para penulis besar memang sangat memotivasi kalau saya biasa ganti quote per-day di widget.kk biar yang baca and nulis semangat dan balik lagi buat baca blog saya. Hehe

    1. Ow gitu ya, ide bagus itu!
      Tp ada beberapa themplate yg kalau dikasih widget text untuk menampilkan quote, tampilannya kurang bagus, salah satunya template yg saya pakai sekarang. 🙂

    1. Pertanyaan mendasar bagi seorang penulis, Mas… “Untuk apa saya menulis?”
      Tanpa mempertanyakan hal tersebut, setiap penulis pastinya akan berhenti untuk menulis dan tidak akan lagi menulis. Termasuk penulis pemula seperti saya. 🙂

      Makasih sudah mampir di blog saya.

Leave a Reply

