Betapa Kecilnya Manusia

Sewaktu kecil dulu, saya mengira kalau bintang itu ukurannya lebih kecil dari bulan. Baru sewaktu SD, saat pelajaran IPA saya baru tahu pengertian bintang. Bintang adalah benda langit yang memancarkan cahaya. Sehingga dari pemahaman saya sewaktu kecil bertemu dengan pemahaman baru bahwa bintang itu adalah benda langit yang bercahaya maka saya semakin bingung, lantas mengapa planet-plante tidak mengeluarkan cahaya, padahal ukurannya planet lebih besar dari bintang, pikir saya.

Baru setelah menyadari bahwa salah satu benda yang memancarkan cahaya itu adalalah matahari, saat itu baru ngeh, bahwa bintang itu ukurannya lebih besar dari planet. Hahaha… Tapi dari situ saya baru tahu kalau ukuran bintang itu sangat besar.

Menurut ilmu astronomi, definisi bintang adalah:
β€œ Semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir. ”

Dari situ saya semakin sadar, alam semseta ini sangatlah besar. Subhanallah… Allahu Akbar…

Berikut ini adalah video gambaran alam semesta, yang semakin menyadarkan kita, bahwa manusia itu teramat kecil.

11 thoughts on “Betapa Kecilnya Manusia

  1. Sempat nonton Interstellar?
    Film itu juga membuat saya jadi ingat kematian, ingat manusia hanya bagian kecil yang sering kali merasa besar. Merasa sangat penting, padahal masih banyak yang lebih penting lagi.

  2. itulah mengapa kita selalu di minta untuk memuhasabah diri sendiri, terkadang dalam sehari barang kita melakukan hal2 yang dianggap kecil padahal setelah di renungkan secara mendalam ternyata hal kecil itu efeknya besar, banyak hal yang awalnya kita anggap biasa ternyata setalah di pikir dan di renungkan hal yang biasa itu adalah luar biasa, bicara soal alam semesta saya jadi ingat dengan perjalanan ilmu pengetahuan tentang alam yang awalnya mengatakan kalau bumi ini datar, dan seterusnya hingga kemudian di ketahui kalau ternyata bumi ini bulat, ilmu pengetahuan selalu mengalami perubahan seiring pola pikir manusia yang semakin cerdas.

  3. Jadi ingat tadi malam habis makan terus jalan Kaki spt biasa keliling jalan jalan di perumahan, sering berhenti dan nengok di atas membicarakan bintang bintang yg bertebaran di langit gelap karena bulannya muncul beberapa jam kemudian πŸ˜›

Leave a Reply

