Apa Tujuan Hidup Anda?

Setelah manusia meyakini bahwa dirinya diciptakan oleh Sang Pencipta, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, “Untuk apa Sang Pencipta menciptakan saya di dunia ini?” Itulah pertanyaan yang akan muncul jika seseorang sudah meyakini bahwa Sang Pencipta itu ada.

Manusia akan mencari tahu tujuan dirinya diciptakan. Informasi tentang tujuan hidupnya bukan datang dari nenek moyang mereka, bukan juga dari apa yang akan menguntungkannya. Manusia mengetahui tujuan dirinya diciptakan tidak lain dan tidak bukan hanyalah dari Sang Pencipta itu sendiri. Karena Dialah yang menciptakan, maka sudah pasti Dialah yang menentukan tujuan hidup manusia.

Lantas, darimana kita bisa mengetahui tujuan hidup manusia, menurut apa yang difirmankan Sang Pencipta? Yakni dari kitab-kitab yang diturunkan melalui Rasul-Rasul utusanNya. Namun kitab-kitab terdahulu, seperti Zabur, Taurat, dan Injil, semuanya itu sudah tidak berlaku di zaman sekarang ini, karena Al-Qur’an telah menyempurnakan kitab-kitab terdahulu. Maka kita mengetahui tujuan hidup manusia dari Al-Qur’an, seperti yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surat adz-Dzariyat: 56, berikut ini:

“Tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. adz-Dzariyat: 56)

Dari video di bawah ini, kita akan diajak berpikir tentang keber-ada-an Sang Pencipta yang telah menciptakan manusia. Dan mengajak kita untuk berpikir rasional bahwa Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan Allah swt. bukan karangan manusia.

Kesimpulan setelah kita melihat video di atas adalah bahwa kita hidup di dunia ini pasti ada yang menciptakan. Dan pasti kehidupan di dunia ini ada tujuannya.  Kita juga diberikan buku panduan agar kita bisa sampai pada tujuan kita, yakni surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Kita juga menyakini bahwa Al-Qur’an adalah firman Allah swt., terbukti dari ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang fakta yang ada, yang telah dikabarkan sejak 1400 tahun yang lalu. Namun kebenaran itu baru diketahui manusia lewat penelitian ilmiah, baru-baru ini.  Seperti, proses perkembangan janin hingga menjadi bayi, dan 2 jenis air laut yang tidak bercampur satu sama lain.

Salah satu kutipan dari video di atas, “Dan jangan biarkan hari itu (kematina) menjadi hari pertamamu mengetahui apa makna sebenarnya dari kehidupan. Bacalah!”

Advertisements

23 thoughts on “Apa Tujuan Hidup Anda?

  1. Semoga kita dimasukan dalam golongan orang-orang beruntung yang senantiasa bisa berpikir akan tujuan hidup kita. Untuk meraih akhirat yg hakiki bukan cuma sebatas dunia fana.

  2. kalau dipikir lebih jernih saya sendiri bingung untuk apa saya hidup? kenyataanya saya hanya menjalani rutinitas yang tidak tahu mau dibawa kemana… terlalu dalam he he he

    1. Di dalam diri setiap manusia pasti muncul pertanyaan, “Dari mana kita berasal?” “Untuk apa hidup di dunia?” dan “Mau kemana setelah mati?”

      Itu pertanyaan yg akan melahirkan aqidah. Dan saya pun juga memikirkannya. Secara saya jg manusia normal. 🙂

      Salah dalam menjawab, salah juga dalam menjalani kehidupan ini.

  3. sering kita mendengar orang berkata hidup memgalir seperti air, tapi perlu diingat bahkan airpun punya tujuan apalagi kita, jangan smpai kita melangkah tapi ak tahu arah. tahu tidak tahu, bila saatnya tiba kita harus kembali, jangan sampai kita tak tahu ke mana kita kembali juga…

    1. Mengutip quote Ust. Salim A. Fillah:

      “Kita yang menjalani hidup dengan mengalir
      Seperti air
      Mungkin lupa bahwa air hanya mengalir
      Ke tempat yang lebih rendah”
      ― Salim Akhukum Fillah

      Iya, Mas. setiap yang diciptakan pasti memiliki tujuan. Termasuk juga manusia yang diciptakan oleh Al-Khaliq pastilah memiliki tujuan penciptaannya.

  4. Dari mana kita berasal, akan kemana setelah mati dan untuk apa kita hidup di duna ini? merupakan pertanyaan besar yang paling mendasar dalam hidup manusia..

  5. suka sama postingan ini 🙂 tujuan hidup seorang muslim hanya untuk menyembah kepada Allah. Dalam “proses menyembah” ini pun secara otomatis seorang muslim harus menerapkan hukum Allah (syariat) dalam setiap perilaku, baik dalam bidang sosial, ekonomi, bernegara, dll. Keep writing and inspiring

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s