Meneladani Kehidupan Rasulullah SAW dari Sirah Nabawiyah

Sebagai Umat Muhammad Saw,  sudah menjadi kewajiban kita untuk mengetahui ajaran yang beliau bawa yakni Islam. Dari kehidupan Rasul Saw kita bisa mengetahui bagaimana beliau beraktifitas mengamalkan Islam secara kaffah (menyeluruh). Dengan mengetahui kehidupan Rasul Saw, kita sebagai generasi sekarang, diajarkan bagaimana seharusnya mengamalkan Islam. Islam tidak hanya untuk diamalkan secara individu semata, tapi Rasul Saw mengajarkan bagaimana Umat Islam seharusnya menjadikan Islam diterapkan dalam semua tatanan kehidupan manusia, termasuk bernegara. Jika para Sahabat dahulu setelah Rasul Saw wafat, berpikirnya seperti kebanyakan Umat Islam jaman sekarang, dengan memandang bahwa penerapan Islam dalam lingkup  Negara hanya sebuah pilihan, pasti Islam tidaka akan sampai pada kita yang berada jauh dari jazirah Arab.

Kita bisa mengetahuinya bagaimana kesungguhan Rasul Saw dalam berdakwah, dengan membaca Sirah Nabawiyah. Kita  juga bisa mengetahui betapa Beliau sangat cinta pada Umatnya, bahkan sampai akhir hayatnya beliau masih memikirkan Umatnya, juga dapat kita ketahui dengan membaca Sirah Nabawiyah.

Namun banyak dari kita yang masih malas-malasan membaca Sirah Nabawiyah. Mungkin bisa jadi, kalau kita disodori dengan dua buku, antara Novel best seller dengan Sirah Nabawiyah, banyak dari kita yang lebih memilih membaca Novel best seller. Kita bisa melihat hal ini dari lebih laku berjualan Novel dari pada Sirah Nabawiyah, khususnya untuk anak muda dewasa ini.

Hal ini sangat wajar, mengingat media yang ada sekarang ini didominasi oleh media sekuler. Media mengkondisikan agar anak muda Islam perlahan-lahan meninggalkan jati dirinya sebagai seorang Muslim. Sehingga media menjadi rujukan pemikiran anak muda dalam menilai sebuah masalah. Sebagai gambaran, anak muda akan meniru gaya hidup hedonis para selebriti idolanya dalam menjalani hari-harinya. Karena mereka mengira gaya hidup tersebut adalah gaya hidup idealnya seorang manusia.

Kembali ke pembahasan tentang Sirah Nabawiyah tadi, saya punya rekomendasi video yang mengisahkan tentang sejarah kehidupan Rasulullah Saw. Dikisahkan oleh Ustadz Budi Ashari, Lc, beliau (Ustadz Budi Ashari, Lc)  sering muncul dalam acara Khalifah Trans 7  sebagai narasumber acara tersebut. Sila ditonton!

Semoga video di atas bermanfaat, dan menambah pemahaman kita tentang Sirah Nabawiyah, terutama untuk yang belum sempat membacanya.

Advertisements

6 thoughts on “Meneladani Kehidupan Rasulullah SAW dari Sirah Nabawiyah

  1. Untuk baca sirah nabawiyah aja malas apalagi baca sirah para sahabat.
    Padahal kisah heroik yg mungkin kita pikir cuma ada dalam dunia fiksi sebenarnya pernah terjadi secara nyata.

  2. nama sirah nabawiyahnya apa ? kan banyak sirah nabawiyah itu.. terus sirah sahabat yg bagus apa namanya tolong kasih tau

    1. Sirah Nabawiyah, penulisnya Syaikh shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri. Kalau Sirah Sahabat, 60 Sirah Sahabat Rasulullah SAW penulisnya Khalid Muhammad Khalid

      Sy punya yg Sirah Nabawiyah di atas. Mudah dipahami dan penuturannya enak dibaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s