Tags

, , , , ,

Pernah jatuh cinta? Pernah… Bagaimana rasanya, sedih, kecewa, atau bahagia? Pastilah bahagia. Jatuh cinta itu memiliki dampak yang sangat besar pada diri orang yang sedang jatuh cinta. Jatuh cinta bisa membuat si penakut menjadi pemberani, membuat si pemalas menjadi rajin, dan orang yang letoy menjadi semangat.

Memang indah cinta itu, tiada habis-habisnya membahas hal yang satu ini. Tapi kali ini saya tidak akan membahas cinta kepada manusia atau kita bias menyebutnya cinta kepada lawan jenis. Saya akan membahas cinta yang  paling utama yaitu kecintaan kita Kepada Allah SWT.

Dalam buku Pilar-Pilar Pengokoh Nafsiyah Islamiyah, penulis yakni Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani, menjelaskan arti cinta dari banyak sumber:

Al –Azhari berkata, “Arti cinta seorang hamba kepada Allah dan Rosul-Nya adalah mentaati dan mengikuti perintah Allah dan Rasul-Nya.” Al-Baidhawi berkata, “Cinta adalah keinginan untuk taat.” Ibnu Arafah berkata, “Cinta menurut istilah orang arab adalah menghendaki sesuatu untuk meraihnya.” Al -Zujaj berkata, “Cinta manusia kepada Allah dan Rasul-Nya adalah mentaati keduanya dan ridha terhadap segala perintah Allah dan segala ajaran yang dibawa Rasulullah saw.” – Pilar-Pilar Pengokoh Nafsiyah Islamiyah, hal, 36.

Bila kita merujuk definisi cinta dari kutipa di atas, akan dapat kita simpulkan bahwa cinta itu harus dibuktikan dengan perbuatan, belum cukup jika cinta hanya di bibir dan perasaan hati saja. Kita bisa melihat keikhlasan mencintai dari kedua orang tua kita, bagaimana keikhlasan kedua orang tua menghidupi cinta mereka, Bapak berusaha mencukupi kebutuhan keluarganya dengan bekerja yang halal, agar rizkinya barokah,  sedangkan Ibu mendidik anak-anaknya dengan didikan yang terbaik, dengan menanamkan nilai-nilai Islam sejak dini. Itulah cinta yang tidak hanya di bibir saja. Buka seperti orang pacaran, bisanya hanya manis di awal. Tapi ujung-ujungnya… :p (jawab sendiri.)

Semoga kita dapat mengerti arti cinta Kepada Allah dan Rasul-Nya dengan definisi yang tepat setelah membaca definisi di atas.

Sebagai bonus, akan saya berikan lagu ciptaan Gito Rollies, yang berjudul Cinta Yang Tulus. Lagu ini sangat cocok untuk menggambarkan rasa cinta seorang hamba kepada Allah SWT.

Advertisements