Tags

, , , , , , , ,

blogger or wordpressvia http://wptidbits.com/

Lebih enak manakah, blogspot atau wordpress menurut kamu, untuk ngeblog? Pasti kamu memiliki jawaban masing-masing akan hal ini. Yang terbiasa dengan wordpress, mungkin akan menganggap wordpress lebih enak, tapi jika kamu menggunakan blogspot mungkin kamu akan berkata, “Blogspot lebih enak, karena seo frendly, memiliki banyak pilihan template yang bisa di custom.”

Dalam artikel ini, Saya akan membandingkan keduanya menurut pengalama saya. Blogspot dan wordpress memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat dibandingkan secara jelas. Oleh karena itu, disini saya akan menjelaskan kekurangan dan kelebihan dari keduanya.

Saya mulai dari blogspot terlebih dahulu. Blogspot merupakan layanan pembuatan dan penyimpanan blog yang dimiliki oleh perusahaan Google. Blogspot memiliki kelebihan diantaranya, template yang bisa di custom. Kita bisa mengedit sesuka kita, pastinya terbatas pada model template yang kita buat atau yang telah kita download.Β  Selain itu, blogspot sangat didukung oleh mesin pencari google, sehingga blog kita lebih mudah terlacak google daripada wordpress.

Kekurangan blogspot adalah, tidak memiliki kategori. Di blogspot, kita tidak akan menemui kategori, jikalau ada itu hanyalah label yang diganti judulnya menjadi kategori. Sehingga pembaca blog kita, akan sedikit mengalami kesulitan untuk mencari topik/kategori.

Sedangkan wordpress, kelebihannya adalah kita bisa memberikan kategori dalam setiap artikel. Selain itu juga terdapat tag atau dalam blogspot kita mengenalnya dengan kata label. Selain itu, template-template dalam wordpress terlihat lebih elegan. Lebih profesional menurut saya.

Untuk kekuran dari wordpress, kita tidak bisa custom template, penyesuaian tampilan terbatas pada beberapa hal saja, seperti penambahan gambar pada header,Β  pilihan untuk menampilkan atau menyembunyikan teks tajuk, mengganti latar blog dengan warna dan sejenisnya. Kita tidak bisa mengganti font pada judul blog, apalagi custom desain. Jika kamu ingin mengcustom desain blogmu, kamu harus memilih paket premium, dengan kata lain kamu harus membayar untuk bisa mengcustom desain di blog wordpress.

Jadi, untuk kamu yang mau membuat blog, sudah memiliki gambaran mau ngeblog dengan blogspot atau wordpress? Kalau saya sih, daripada bingung-bingung memilih mana yang enak untuk ngeblog, mengapa tidak ngeblog dengan keduanya aja, toh… membuatnya sama-sama gratis, tinggal daftar buat blognya dan isi dengan tulisanmu sendri. Beres deh.

Itulah sedikit penjelasa singkat dari saya, jika masih ada kelebihan dan kekurangan dari keduanya, silahkan untuk berkomentar di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Advertisements