Tags

, , , , ,

Gambar:http://www.panoramio.comVia http://www.panoramio.com

Mengartikan malam dengan sekmen kehidupan, sepreti manusia yang mengarungi hidup yang fana, untuk menuju ke tempat asal. Segalanya terasa indah, saat melihat setengah hari ke belakang, yaitu ketika sang mentari pagi menyinari bumi. Seakan malam masih sangat lama diarungi, tapi ketika siang, sore, senja telah dilalui habislah penantiannya.

Beranggapan jatah hidup manusia semua sama, dan mengira akan mati tua. Mungkin mati tua, mati muda juga mungkin. Tak ada yang tidak mungkin bagi Al Khaliq, jika itu adalah kehendakNya. Manusia hanya berusaha menjalani hidup dengan sebaik-baiknya, yang tak dipungkiri kesalahan-kesalahan di masa lampau yang menjadi bagian dari cerita hidup yang tak mungkin dipungkiri.

Semua yang bernyawa akan mati juga. Tak ada yang abadi, kecuali Ilahi Robbi. Masihkah membusungkan dada untuk menunjukan kuasa, kuasa yang tak akan lama. Masihkah berangan-angan untuk kesemuan dunia. Masihkah risau dengan sedikit kecewa, hilang bahagia, ataupun kesenangan dunia, jika semua yang di dunia ini tak abadi.

Tidak ada yang melarang menikmati dunia, karena memang dunia diciptakan untuk manusia, tepatnya ujian hidup manusia. Dan boleh menikmati tapi harus terikat dengan aturanNya. Manusia yang bijak menjalani hidup ini, Ia akan menempatkan dunia di tangannya dan akhirat di hatinya.

Tak terasa perjalanan di dunia ini begitu cepat, serasa baru kemarin saya di manjakan, apa yang diminta dituruti, dan masih ingat saat semua orang suka pada kita, karena memang anak kecil punya daya tarik tersendiri di mata orang dewasa. Dan sekarang, kehidupan menuntut untuk berpola pikir dan berpola sikap dewasa. Itu merupakan perubahan yang cukup drastis bagi seorang yang terbiasa memperoleh sesuatu dengan mudah.

Itulah kehidupan, dari situ setiap orang dapat mengartikan, sesuai dengan persepsinya tentang dunia. Menurut saya pribadi, dunia tak lebih dari ujian yang akan menghantarkan manusia menuju tempat kembalinya nanti, surga atau neraka.

Advertisements