Tags

, ,

Apa yang diharapkan seorang penulis akan karyanya?, jika kalimat tersebut di tanyakan pada penulis, kebanyakan akan menjawab “Agar karya saya dibaca oleh banyak orang”. Setidaknya itu hal pertama yang diinginkan penulis, dan akan berlanjut ke tujuan-tujuan selanjutnya. Seperti, merealisasikan hobi, memperoleh penghasilan, menyebarluaskan sebuah ide, dan masih banyak lagi tujuan klise lainnya. Klise tak masalah asalkan itu sesuatu yang baik. 🙂

menulisVia http://static.blogo.it

Tulisan sebagus apapun idenya, tidak ada akan berpengaruh dan barmanfaat untuk masyarakat, jika tidak banyak orang yang mengadopsi ide tersebut. Namun bisa jadi tulisan yang mempunyai ide rusak/salah, yang tersebar luas dan diapopsi oleh banyak orang, akan dianggap benar jika itu telah tersebar luas ke dalam pemahaman masyarakat.

Untuk itu mengapa seorang penulis mangadakan bedah buku, menyebarkan poster-poster untuk bukunya dan beriklan di media cetak? karena dengan semua itu, tujuan-tujuannya akan terwujud. Tujuan disini belum tentu negatif, mentang-mentang yang dicari uang, lalu hal tersebut dianggap buruk. Tentunya orang yang bijak tidak menganggapnya seperti itu.

Dari situ akan kita dapati mengapa ide itu harus dikemas sedemikian rupa. Agar ide yang benar akan dipahami benar, bukan malah ide salah yang dianggap benar, seperti pemahaman rusak Demokrasi.

Oleh karena itu mempromosikan karya, sama pentingnya dengan kegiatan menulis itu sendiri.

Selamat berkarya dan Promosi!

Advertisements